Pages

Cara menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas pada paragraf dengan mudah



Cara menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas pada paragraf dengan mudah|Paragraf merupakan bagian dari suatu karangan.paragraf mengandung beberapa unsur.Unsur-unsur dalam paragraf berupa masalah,ide pokok,kalimat utama,kalimat penjelas,fakta,ataupun pendapat.Masalah merupakan sesuatu yang harus diselesaikan dan dicari jalan keluarnya.Ide pokok merupakan gagasan yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf.Ide pokok juga disebut gagasan utama atau gagasan pokok.Ide pokok terletak di awal,akhir awal dan akhir atau diseluruh paragraf.Ide pokok dalam suatu paragraf didukung oleh beberapa kalimat penjelas.

Paragraf memiliki ide pokok di awal paragraf disebut paragraf deduktif.Paragraf yang memiliki ide pokok di akhir disebut paragraf induktif.Paragraf memiliki ide pokok di awal dan di akhir paragraf disebut paragraf campuran.Paragraf yang memiliki ide pokok diseluruh paragraf disebut paragraf narasi.Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi ide pokok.Kalimat utama dapat kita temukan di awal.akhir awal dan akhir atau diseluruh paragraf.

Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mendukung atau memperjelas kalimat utama.Kalimat penjelas harus memperjelas dan menjabarkan kalimat utama pada sebuah paragraf.Ide pokok dalam paragraf berfungsi sebagai pengendali informasi.Pada umumnya ide pokok disampaikan pada kalimat utama.Jadi untuk menentukan ide pokok kita harus menemukan kalimat utamanya terlebih dahulu.


Bagaimana cukup mudah bukan,jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya pada kolom komentar
Terimakasih anda telah membaca arttikel tentang Cara menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas pada paragraf dengan mudah

3 komentar

  1. Makasih ini ilmu yang bermafaat, sebagai seorang blogger harus paham betul mengenai gagasan utama ini dan kalimat utama.

    BalasHapus
  2. menurut nizam,dari awal dibentuknya UN,berdasarkan undang-undang, UN hanya bertujuan untuk mengatur standar kompetensi kelulusan siswa.

    itu pikiran utama sama pikiran penjelasnya yg mana ya?

    BalasHapus
  3. TerimaKasihAtasJawabanNya SmogaMakinSukses

    BalasHapus

 

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.