Contoh proposal usaha distro|Untuk membangun bisnis yang baik dalam dunia usaha,tentunya kita membutuhkan suatu modal untuk membangun bisnis menjadi lebih baik,Modal ini nantinya akan menjadi kekuatan dimana dapat digunakan untuk produksi,keperluan toko atau pabrik dan masih banyak yang lainnya.
Berikut ini adalah contoh proposal usaha distro
A.Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya
dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan
dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha
distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah Jl. Jend Sudirman merupakan kawasan yang tepat dalam
membangun sebuah usaha dikarenakan daerah tersebut merupakan salah satu daerah
di Metro dengan perputaran uang yang sangat cepat dengan berbagai usaha di
dalamnya, dan kami harapkan nantinya usaha kami ini akan berkembang pesat
dengan inovasi-inovasi yang akan kami selalu berikan untuk produk kedepannya.
Usaha Distro ini berdiri atas kerjasama serta keinginan lima
anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang kwirausahaan,
tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang
dinamakan Smile Moon yang berdiri di kota Metro, kota yang sedang gencar
dalam melaksanakan pembangunan dan dengan tingkat kesejahtraan warganya yang
cukup tinggi serta kesadaran akan berpakaian yang menarik di setiap warga
kotanya.
Smile Moon Distro didirikan untuk mempelopori para kaum muda
di Metro agar dapat mendirikan sebuah usaha yang menarik dan memiliki
sebuah prinsip sehingga dapat berguna dalam perkembangan Negara maupun kota
kita ini kota Metro.
B. VISI DAN MISI
Visi : Mitra dan solusi bagi
masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up
to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi : Memberikan dan menerapkan
pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
C. LOKASI
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis untuk
berbisnis di Jl. Jend Sudirman, lokasi mudah terlihat dan merupakan pusat kota Metro dalam hal bisnis sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
D. RUANGAN / TEMPAT YANG DIBUTUHKAN
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha
distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan
ukuran 10m x 8m.
E. WAKTU OPERASIONAL
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha distro ini dibuka dari
pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.
F. KONSEP PROMOSI
Dengan membuat advertisement secara on-line di internet agar
bisa dijangkau masyarakat luas dan melakukan transaksi atau pun bisnis on-line.
Dengan cara ini kami optimis Smile Moondistro akan lebih mudah dan cepat
dikenal oleh masyarakat. Selain itu kami juga akan mengandalkan penyampaian
informasi dari kerabat dan teman kami melalui mulut ke mulut yang nantinya kami
harap usaha kami ini akan lebih bias di kenal lagi.
G. TARGET PELANGGAN
Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang
sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna
baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
A. PRESPEKTIF MASA DEPAN USAHA
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang
perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka
kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di
kalangan masyarakat muda Metro sangat besar.
B. ANALISIS PERSAINGAN
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di
sekitar lokasi tempat yang kami akan dirikan usaha distro ini masih belum
terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan konsep suasana yang nyaman,
kekeluargaan, dan lembut seperti kami.
C. SEGMENTASI PASAR YANG AKAN DIMASUKI
Smile Moon Distro membidik pasar kelas menengah, dengan
pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami
akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik,
sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa
kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung
kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro
lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi
dari distro , akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan
distro untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami
untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
A. PRODUK YANG DIHASILKAN
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan
fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 5 buah pakaian dalam sehari, belum
termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh
anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan
memiliki beberapa keunggulan:
o Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan
konsumen,
o Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan
style yang uptodate
o Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah
luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi
dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa
keistimewaan, diantaranya :
o Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o kualitas produk terjamin
o sesuai dengan selera masyarakat
B. RUANG LINGKUP USAHA
Ruang lingkup lingkup usaha distro ini kami rancang dengan sebaik
mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan
kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk
konsumen.
Usaha Smile Moon Distro terletak di Jl. Jend Sudirman,
Metro-Lampung. Distro ini sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah
perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk
dan akses transportasi menuju lokasi sangat mudah.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A. PROSES PRODUKSI
Proses produksi yang akan kami jalankan. Kami akan memesan
produk produk grosir yang berkualitas dari beberapa kota penghasil produk
fashion seperti Bandung, Jakarta, dan Bali. Tentunya ada beberapa produk yang
akan kami desain sendiri guna menciptakan sebuah karakter dari usaha kami dan
untuk menghindari kesamaan sebuah produk demi kenyamanan para konsumen kami
nantinya.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A. PENETAPAN HARGA
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan
akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup
matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga
jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan
dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
> Rp. 89.000,-
|
2
|
Kaos
|
> Rp. 90.000,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp. 180.900,-
|
4
|
Gaun
|
> Rp. 235.800,-
|
5
|
Kerudung
|
> Rp. 69.900,-
|
6
|
Sepatu
|
> Rp. 109.900,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp. 150.000,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 15.000,- s.d Rp. 78.900,-
|
B. PELAKSANAAN DISTRIBUSI
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi
intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk
sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya
dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
C. STRATEGI PROMOSI YANG AKAN DILAKUKAN
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara
lain :
• Membuat
pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
• Melakukan
iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
• Membuat
catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro
BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
A. JOB DESCRIPTION
¤ Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya
usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
¤ Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat
yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
¤ Bendahara bertugas untuk membuat laporan
keuangan setiap bulannya.
¤ Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung
jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan bertanggung jawab
untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
¤ Karyawan bertugas melayani para pelanggan
distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.
B. LATAR BELAKANG TIM MANAGEMENT
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari
orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang
berhubungan dengan usaha distro. Selain itu dituntut profesionalisme dalam
menjalankan setiap pekerjaan.
Untuk melihat Proposal tentang usaha distro silakan anda cek link dibawah ini.
Semoga artikel di atas dapat membantu anda dalam membuat proposal untuk tugas sekolah maupun untuk usaha dan mendapatkan dana investor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar