Pages

Contoh proposal usaha distro




Contoh proposal usaha distro|Untuk membangun bisnis yang baik dalam dunia usaha,tentunya kita membutuhkan suatu modal untuk membangun bisnis menjadi lebih baik,Modal ini nantinya akan menjadi kekuatan dimana dapat digunakan untuk produksi,keperluan toko atau pabrik dan masih banyak yang lainnya.

Berikut ini adalah contoh proposal usaha distro


A.Latar Belakang

      Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah Jl. Jend Sudirman merupakan kawasan yang tepat dalam membangun sebuah usaha dikarenakan daerah tersebut merupakan salah satu daerah di Metro dengan perputaran uang yang sangat cepat dengan berbagai usaha di dalamnya, dan kami harapkan nantinya usaha kami ini akan berkembang pesat dengan inovasi-inovasi yang akan kami selalu berikan untuk produk kedepannya.
Usaha Distro ini berdiri atas kerjasama serta keinginan lima anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang kwirausahaan, tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan Smile Moon yang berdiri di kota Metro, kota yang sedang gencar dalam melaksanakan pembangunan dan dengan tingkat kesejahtraan warganya yang cukup tinggi serta kesadaran akan berpakaian yang menarik di setiap warga kotanya.
Smile Moon Distro didirikan untuk mempelopori para kaum muda di Metro agar dapat mendirikan sebuah usaha yang menarik dan memiliki sebuah prinsip sehingga dapat berguna dalam perkembangan Negara maupun kota kita ini kota Metro.

B.     VISI DAN MISI
Visi      : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.

C.    LOKASI
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis untuk berbisnis di Jl. Jend Sudirman, lokasi mudah terlihat dan merupakan pusat kota Metro dalam hal bisnis sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.

D.    RUANGAN / TEMPAT YANG DIBUTUHKAN
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 10m x 8m.

E.     WAKTU OPERASIONAL
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha distro ini dibuka dari pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.

F.     KONSEP PROMOSI
Dengan membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dan melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Smile Moondistro akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat. Selain itu kami juga akan mengandalkan penyampaian informasi dari kerabat dan teman kami melalui mulut ke mulut yang nantinya kami harap usaha kami ini akan lebih bias di kenal lagi.
G.    TARGET PELANGGAN
Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.

BAB III
ANALISIS INDUSTRI

A.    PRESPEKTIF MASA DEPAN USAHA
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat muda Metro sangat besar.

B.     ANALISIS PERSAINGAN
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami akan dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan konsep suasana yang nyaman, kekeluargaan, dan lembut seperti kami.

C.    SEGMENTASI PASAR YANG AKAN DIMASUKI
Smile Moon Distro membidik pasar kelas menengah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro , akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan

BAB IV
DESKRIPSI USAHA

A.    PRODUK YANG DIHASILKAN
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 5 buah pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o   Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o   Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
o   Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o   Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o   kualitas produk terjamin
o   sesuai dengan selera masyarakat

B.     RUANG LINGKUP USAHA
Ruang lingkup lingkup usaha distro ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Usaha Smile Moon Distro terletak di Jl. Jend Sudirman, Metro-Lampung. Distro ini  sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi sangat mudah.

BAB V
RENCANA PRODUKSI

A.    PROSES PRODUKSI
Proses produksi yang akan kami jalankan. Kami akan memesan produk produk grosir yang berkualitas dari beberapa kota penghasil produk fashion seperti Bandung, Jakarta, dan Bali. Tentunya ada beberapa produk yang akan kami desain sendiri guna menciptakan sebuah karakter dari usaha kami dan untuk menghindari kesamaan sebuah produk demi kenyamanan para konsumen kami nantinya.

BAB VI
RENCANA PEMASARAN

A.    PENETAPAN HARGA
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
Jenis Produk
Harga
1
Kemeja
> Rp.   89.000,-
2
Kaos
> Rp.   90.000,-
3
Jeans
> Rp. 180.900,-
4
Gaun  
> Rp. 235.800,-
5
Kerudung
> Rp.   69.900,-
6
Sepatu
> Rp. 109.900,-
7
Jaket
> Rp. 150.000,-
8
Aksesoris
Rp. 15.000,- s.d Rp. 78.900,-

B.     PELAKSANAAN DISTRIBUSI
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.

C.    STRATEGI PROMOSI YANG AKAN DILAKUKAN
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
•         Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
•         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
•         Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro

BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI

A.    JOB DESCRIPTION
¤   Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
¤   Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
¤   Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
¤   Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
¤   Karyawan bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.

B.     LATAR BELAKANG TIM MANAGEMENT
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha distro. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.

Untuk melihat Proposal tentang usaha distro silakan anda cek link dibawah ini.


Semoga artikel di atas dapat membantu anda dalam membuat proposal untuk tugas sekolah maupun untuk usaha dan mendapatkan dana investor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.